Pengetahuan Tentang alat alat Dokter Gigi Dan Kebutuhan/ Keperluan Dokter Gigi.

Dokter gigi adalah sebuah profesi yang bergerak di bidang kesehatan yang memfokuskan pada diagnosa dan perawatan kepada masalah yang berhubungan dengan gigi, gusi, dan struktur di sekitar Mulut dan rahang. Dokter gigi juga mampu bertindak dalam menyediakan layanan pemeliharaan, pencegahan, dan pembersihan, kami akan beritahukan bagaimana DRG memberikan tips dalam pemeliharaan yang tepat terhadap gigi dan gusi.

Banyak peralatan equipment serta tools untuk digunakan dokter gigi secara rutin melakukan pemeriksaan, mengambil rontgen, mendiagnosa penyakit dan melakukan perawatan yang tepat. Dokter gigi memberikan tindakan bedah mulut dan memberikan obat yang sesuai dengan masalah gigi agar dapat  meredakan gejala, dan mencegah infeksi.

Spesialist Dokter Gigi
Spesialist Dokter Gigi

Baca Juga Artikel Tentang :

Alat Kesehatan Gigi , Dental Unit Diplomat , Dental Unit Suplier , Harga Dental Unit, Myobrace , Apex Pasta, Dental Unit, Harga Implan Gigi

Dokter gigi sering melakukan tindakan pembiusan, dokter gigi juga memperoleh pelatihan di bidang bius umum dalam rangka penyembuhan.

Sub-spesialisasi di bidang Kedokteran Gigi

Para dokter gigi juga memperoleh pelatihan di beberapa sub-spesialisasi :

  • Perawatan saluran akar (endodontics) – Biasa dikenal dengan istilah terapi saluran akar, ini mengacu pada studi, diagnosa, dan perawatan terhadap penyakit-penyakit yang mempengaruhi pulpa gigi.
  • Dokter gigi oral dan maxillofacial (rahang dan wajah) – dokter gigi yang mengambil spesialisasi di bidang ini memiliki tiga tipe berbeda yaitu : maxillofacial, radiologi, dan ahli bedah, ahli patologi oral.
  • Ortodonti – merupakan salah satu sub-spesialisasi paling banyak diminati di ilmu kedokteran gigi, ortodonti menuju kepada dokter-dokter gigi yang memfokuskan diri ke pada perbaikan dari susunan dan kesejajaran gigi pasien. Cara paling penting adalah penggunaan kawat gigi agar dapat bertahap merapikan susunan pada gigi supaya berada di posisi-posisi yang tepat.
  • Periodonti – Mengacu kepada masalah pengobatan Kepada  kesehatan-kesehatan yang mempengaruhi gusi. tindakan yang paling tepat dan biasa dilakukan oleh umum adalah meletakan cangkok (implan) gigi, yang ditanamkan kepada gusi pada tulang rahang.
  • Dokter gigi anak – Biasa dikenal dengan istilah pedodonti, Pada  ilmu kedokteran gigi anak melakukan kewajiban dan fungsi dari dokter gigi untuk  pasien belia.
  • Prosthodonsia – Merupakan bidang study sub-spesialisasi yang mempelajari cakupan luas, mempunyai teknik perawatan yang lebih spesifik dikenal sebagai salah satu perawatan gigi. Prosthodonsia lebih kepada pemasangan gigi tiruan dan fondasi pegangan untuk gigi palsu.

Tim Dokter Gigi

Tim ahli perawatan gigi adalah suatu kumpulan dari asisten yang berguna untuk keperluan dokter gigi sebagai pelayanan kepada pasien. Tim ahli tersebut dapat mencakup sebagai berikut:

  • Asisten dokter gigi – Memberikan segala keperluan dokter gigi ketika dokter gigi melakukan perawatan pasien. Asisten dokter gigi mempunyai tugas yang mencakup sterilisasi alat-alat dokter gigi, menyiapkan pasien, Memberikan alat-alat yang dibutuhkan dokter gigi ketika melakukan tindakan, mengendalikan perangkat penyedot, mengambil gambar gigi, dan lain-lain.

  • Perawat gigi (dental hygienist) – Fungsi dari perawat gigi adalah membantu menemani dan memberikan keperluan dokter gigi atau merupakan  bagian dari keseluruhan tim perawatan gigi, walaupun mempunyai  kualifikasi untuk menjalankan praktek mereka sendiri akan tetapi pribadi atau independen. Mereka lebih memberikan focus perhatian kepada perawatan penyakit-penyakit mulut, dan juga pencegahan-pencegahan lainnya.

  • Teknisi gigi – Biasa dikenal dengan istilah ahli teknologi gigi Fungsi teknisi gigi adalah membuat rancangan alat gigi berdasarkan resep dan gambar yang telah disiapkan oleh dokter gigi. Teknisi gigi mempunyai kewajiban untuk membuat empat tipe utama dari alat gigi, dari bentuk  tiruan yang tetap, dapat dilepas, dan maxillofacial, dan juga ortodonti. Alat tiruan tetap yang digunakan di dalam perawatan gigi include kepada  mahkota gigi, pegangan gigi palsu, dan cangkok gigi, sementara perangkat yang dapat dilepas termasuk gigi palsu. Perangkat ortodonti termasuk kawat gigi, penjajar gigi, dan penjaga mulut.

  • Ahli terapi gigi – Mempunyai keahlian yang sama dokter gigi yang memfokuskan dan melakukan pelayanan-pelayanan perawatan yang sifatnya pencegahan dan tetap di awasi oleh dokter gigi. Dalam bidang Spesialis ahli terapi gigi seringkali mengontrol kesehatan mulut pada  pasien anak-anak agar mereka dapat membantu menjaga kebersihan mulut mereka sejak awal umur anak. Spesialis terapi gigi adalah ahli yang secara umum melakukan pemeriksaan gigi secara menyeluruh, mengambil rontgen gigi, menyediakan saran pola makan, dan menjelaskan dampak dari pola makan yang tepat terhadap kebersihan mulut, dan melaksanakan layanan pembersihan seperti pembersihan karies gigi. Mereka juga bertugas memberikan bahan tambal cair dan terapi fluor untuk menjamin kebersihan gigi berikut perlindungan yang lebih menyeluruh. Mereka juga diperbolehkan mencabut gigi susu anak-anak dengan menggunakan bius lokal.

Syarat syarat dalam pelatihan untuk mendapatkan Lisensi

Mahasiswa dan Dokter gigi tentu telah diberikan banyak pelatihan di sekolah-sekolah kedokteran gigi. Biasanya dilakukan selama empat tahun. Berbeda pada negara negara lain yang mempenyai ketentuan bahwa pelatihan residen dijalankan dapat menghabiskan waktu selama dua sampai enam tahun. Pelatihan ini dilakukan guna memberikan fokus / memusatkan perhatian kepada salah satu sub-spesialisasi.

Gelar pada DRG ( DOkter Gigi ) adalah DDS (Doctor of Dental Surgey/Dokter Bedah Gigi) atau DMD (Doctor of Dental Medicine/Dokter Kesehatan Gigi). Gelar khusus berbeda bdeda tergantung dari jenis falkutasnya pada sekolah kedokteran gigi yang mereka ambil. Namun kedua gelar tersebut setara.

Berapa Banyak dan Rutin kah Kita Pergi Ke Dokter Gigi?

Lebih baik menjaga dari pada mengobati, Dengan menjaga kita akan terhindar dari penyakit penyakit yang datang. Namun apabila terlanjur terjadi maka anda jangan menghiraukan. Jangan sampai membuat keadaan lebih parah dari sebelumnya dan pastinya akan lebih mahal nantinya

  • Nyeri pada gigi anda – Sakit gigi bisa karena terjadinya gigi berlubang atau infeksi, biasanya dengan bengkak. Apabila rasa sakit ini masih bisa ditahan, Apabila terjadi radangan, dan demam, atau apabila nanah dan cairan muncul di gigi yang sakit segerahlah pergi ke klinik gigi terdekat agar segera ditangani.
  • Radang gusi – radang gusi bisa terjadi karena infeksi, pembengkakan gigi, atau pembengkakan gusi.
  • Nyeri di rahang – Nyeri pada rahang biasanya masalah pada penurunan fungsi (degenerasi) atau biasa dibilang pembengkakan pada gusi. Nyeri di rahang biasanya diobati dengan pelindung gigi yang digabungkan dengan obat-obatan anti-bengkak.
  • Gigi sensitif terhadap suhu dingin dan panas – Kadang gigi kita mengalami sensitif terhadap suhu yang panas dan dingin hal ini dapat terjadi bila gigi busuk.
  • Mulut kering – Mulut kering ternyata juga bahaya karena hal ini dapat mengakibatkan terjadinya infeksi bakteri atau penyakit mulut.