Gigi Tumbuh Renggang Pada Anak Perlukah orang Tua Khawatir?Pertumbuhan Gigi pada anak dalam kondisi renggang di bagian depan adalah hal yang kerap terjadi. lalu apakah kondisi tersebut perlu dikhawatirkan?

Penyebab gigi renggang

banyak faktor yang menjadikan Gigi anak yang tumbuh renggang terutama pada gigi susunya antara lainya dapat kita lihat.

1.      Perkembangan rahang yang alami

Pada gigi susu bagian depan sering terjadi keaadaan Kondisi seperti  ini. hal ini  normal dan biasanya setelah tumbuh gigi taring tetapnya. Setelah Tahap selanjutnya space atau gigi renggang akan menutup dengan sendirinya.

2.      Kehilangan gigi susu

pada saat copotnya gigi susu juga bisa menyebabkan terjadinya gigi merenggang di area tersebut.

3.      Ada sebagian gigi tambahan yang susah untuk tumbuh

terjadinya hal ini biasanya akan menyebabkan gigi lainnya terhalang untuk tumbuh jadi gigi akan membuat  jarak antar gigi di dalam mulut.

4.      Ukuran gigi yang tidak sama

Ada perbedaan ukuran pada gigi yang telah tumbuh sehingga menyebabkan adanya jarak antar gigi.

5.      bentuk Ukuran rahang lebih besar dari pada gigi

beberapa kondisi rahang pada Anak yang berukuran lebih besar dibanding dengan ukuran giginya akan memberikan banyak ruang di antara gigi-giginya.

6.      Terdapat frenulum lingual

Frenulum lingual adalah penyatuan antara bagian bawah lidah dengan dasar mulut, sehingga membentuk ruang di antara gigi depan bawah.

7.      Bibir atas dan gusi antara gigi depan menyatu

Faktor lainya bisa karena proses frenulum labialis yang menyatukan bibir atas dengan gusi diantara 2 gigi depan sehingga membentuk ruang di antara 2 gigi depan atas.

8.      Memiliki kebiasaan buruk mengisap ibu jari

kadang anak mempunyai kebiasaan menghisap ibu jari. Hal ini bisa menyebabkan lidah menekan 2 gigi depannya, sehingga menyebabkan terjadi ruang pada gigi depan.

9.      Anak Mempunyai Kebiasaan refleks menelan (tongue thrust)

Pada Saat menelan, lidah menekan 2 gigi depannya. Bila hal ini terjadi terus menerus, maka dapat menyebabkan terbentuknya ruang pada 2 gigi depan atas.

 

Gigi renggang pada anak

Merujuk pada Buku European Journal of Paediatric Dentistry, 70 persen keadaan gigi susu pada anak tumbuh renggang. Dan 30 persen tidak. Biasanya gigi yang tumbuh renggang akibat perkembangan alami terdapat di 2 gigi susu bagian depan. Ternyataya kondisi ini memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu mempersiapkan ruang untuk tumbuhnya gigi tetap. Hal ini karena ukuran gigi tetap pengganti yang jauh lebih besar dari ukuran gigi susu. Sebab, jika tidak terdapat ruang, kemungkinan 40 persen akan mengalami crowding atau kondisi gigi tumbuh berjejal.

Posisi Gigi renggang pada bayi merupakan sesuatu hal yang normal dan wajar dan biasanya akan menutup dengan sendirinya. Di awal pertumbuhan gigi bayi pada usia 6-9 bulan, maka pada gigi depan atas akan terdapat ruang. Selain itu, juga akan terbentuk frenulum yang menyatukan bibir atas dengan gusi gigi depan atas. Setelah usia 1 tahun  frenulum akan berubah menjadi pendek dan gigi lainnya akan mulai tumbuh dan menutup gigi yang renggang.

Apabila frenulum tidak memendek bahkan sampai gigi susu berganti dengan gigi tetapnya. Hal ini akan menyebabkan gigi anak renggang di bagian depan secara permanen. Untuk Mencegah nya dapat dilakukan perawatan gigi untuk merapatkan gigi dengan menggunakan behel gigi. Dibarengi dengan melakukan tindakan pada frenulum itu sendiri yang merupakan penyebab terjadinya gigi renggang.

Tindakan untuk memendekkan frenulum yaitu disebut frenektomi. Tanpa tindakan ini, gigi yang sudah dirapatkan dengan behel gigi bisa kembali renggang. Posisi Gigi anak yang renggang dapat terjadi pada anak Anda. tetapi anda tidak perlu khawatir. Cek kondisi gigi anak anda ke dokter gigi, setelah umur mencapai 1 tahun Dokter gigi dapat mendeteksi adanya masalah gigi pada anak sejak dini.

Popular Tags

Supplier Dental Jakarta │Supplier Dental IndonesiaCerkamedDental UnitEndo│Agen Suplay Alat Kedokteran